13 Agustus 2023

Bram Edo: Tak Kenal Maka, Ya Kenalan!

Abraham Edo Prasetyo - Bram Edo
© BramEdo.com

HALO para pembaca, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap baik, selalu baik, dan terus baik.

Ini adalah artikel perdana di website BramEdo.com, sebuah ruang baru bagi saya dalam mencurahkan ide kreativitas dalam bentuk tulisan.

Sesuai judul artikel, sudah barang tentu tujuan artikel ini dibuat adalah sebagai bahan perkenalan saya kepada kalian. Mungkin belum banyak yang mengenal, tetapi ada pula yang mungkin sudah tahu tentang saya sebelumnya di jagat maya.

Seperti tercantum dalam laman utama website ini, di mana nama lengkap saya adalah Abraham Edo Prasetyo. Namun sejak lama di media sosial saya biasa dikenal dengan nama Bram Edo.

Tentu ada alasan tersendiri kenapa akhirnya saya mempersingkat nama tersebut, di mana alasannya agar lebih mudah diingat.

Nama itu mulai saya pakai sebagai identitas sejak 2008 silam, ketika awal mulai belajar ngeblog, sampai lahirlah beberapa blog-blog saya lainnya.

Saya termasuk orang yang menikmati perjalanan blogging sejak era tampilan platform Content Management System (CMS) milik Google ini masih serba sederhana, dengan template bawaan, kustom warna-warni, tampilan layar blog yang penuh dengan aksesoris kurang penting, hingga mulai paham apa tujuan sebenarnya dengan dibuatnya sebuah blog.

Dari situ saya mulai mengenal lebih dalam, bahwa blogging adalah aktivitas yang menyenangkan. Terlebih ketika tulisan kita dibaca oleh banyak orang, hingga memberikan manfaat kepada mereka.

Untuk itulah, kenapa saya tetap istiqomah mengkaryakan buah pikir ke dalam sebuah wadah bernama Blogger sejak awal hingga hari ini.

Di mana sebagian besar waktu, tenaga, dan pikiran saya mulai menghasilkan keuntungan baik materiil maupun non-materiil, ya hanya melalui blog ini.

Jadi, blog BramEdo.com ini bisa diartikan sebagai website resmi saya agar dikenal lebih masyarakat lebih luas melalui karya tulis yang saya terbitkan. Di mana beberapa materi yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, namun mayoritas masih mendaur ulang konten dari para kolumnis yang ahli di bidangnya dengan menambah opini dari perspektif pribadi juga.

Adapun sejumlah materi yang saya tuliskan meliputi dunia teknologi khususnya internet marketing, serta beberapa hal seputar dunia bisnis, desain grafis, penyiaran, dan banyak lagi lainnya.

Hal ini karena latar belakang saya yang cenderung selalu terlibat pada industri kreatif sejak 2013 lalu dengan aktif menjadi freelance journalist lewat kanal citizen journalism di sebuah stasiun televisi swasta nasional. Selain itu, saya juga pernah berprofesi sebagai penyiar sekaligus reporter radio di Kota Batu, Jawa Timur pada periode 2015-2018.

Itulah mengapa di sejumlah platfrom media sosial saya selalu mencantumkan keterangan pada kolom bio dengan mendeklarasikan diri sebagai content creator dan digital mediapreneur Indonesia. Jadi sudah paham kan? ~hehe

Pada waktu tertentu saya juga akan berbagi opini terkait isu-isu tertentu menurut perspektif pribadi, yang diulas secara mendalam namun tetap netral tanpa ada unsur keberpihakan.

Selain itu, kehadiran blog ini juga saya rasa perlu sebagai representasi atas ide dan gagasan saya sebagai pribadi yang berkecimpung di dunia maya melalui karya tulis. Karena selama ini lebih sering saya berkarya hanya untuk keperluan bisnis berprospek melalui akun brand dan/atau perusahaan.

Sebaga informasi, saat ini beberapa situs saya yang mayoritas memiliki niche content berita sudah memiliki badan hukum resmi dengan izin media publikasi dan penerbitan.

Beberapa media tersebut, hingga artikel ini diunggah antara lain;

- Pewarta.co.id

- SuaraNasional.id

- Tajam.net

- RepublikIndonesia.net

- IDNHits.com

- Trenosia.com

- Batuloka.com

Bukan tidak mungkin jumlahnya masih berpeluang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu ke depannya.

Dari domain-domain tersebut saya telah merajut ekosistem bersama para content creator lain dengan bekerja sama membuat karya melalui konsep ekonomi kolaboratif.

Bahkan, atas kreativitas dan produktivitas bersama, saya dan kawan-kawan telah menjalankan konsep program sharing revenue melalui gabungan media yang bernaung di bawah PT Kolaborasi Pewarta Digital atau Pewarta Network.

Sebagai informasi, Pewarta Network adalah ekosistem media digital atau Indonesia digital media ecosystem di mana di dalamnya berisi deretan website-website berita yang telah disebutkan tadi. Dengan kata lain, saya adalah owner Pewarta Network tersebut.

Jika website-website tersebut merupakan situs yang beroperasi atas nama perusahaan, maka saya menilai sudah saatnya saya pun harus memiliki wadah khusus yang bisa mewadahi karya saya sebagai pribadi, yakni lewat blog Bram Edo ini.

Oleh karena itu, izinkan saya untuk berkarya melalui laman demi laman secara daring pada website BramEdo.com ini. Semoga dengan konten yang terpublikasikan dapat menjadi inspirasi dan solusi, utamanya bagi Anda yang mengalami kendala tertentu terkait dunia internet marketing dan bisnis.